1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Situbondo dan Banyuwangi Kuliahkan Siswanya Di Universitas Jember

Jember, 24 Juli 2013                       

Kabupaten Situbondo mengikuti jejak Kabupaten Banyuwangi memberikan beasiswa bagi siswa-siswinya untuk menuntut ilmu di Kampus Tegalboto Universitas Jember. Program yang diberi nama Program Situbondo Unggul ini dimulai secara resmi tahun ini dan diikuti oleh 109 peserta yang mengikuti Ujian Masuk Universitas Jember Gelombang I. Mereka terdiri dari 56 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi serta 53 peserta kelompok ujian Sosial Humaniora, pelaksanaan ujian dipusatkan di SMAN 2 Situbondo hari Sabtu lalu (20/7).

Jalannya ujian diawasi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo, Dr. Fatkhurrohman, MPd beserta Pembantu Rektor III Universitas Jember, Prof. Dr. H. M. Saleh, MSc. Di sela-sela peninjauannya, Dr. Fatkhurrohman, MPd menjelaskan jika rencananya akan ada 50 siswa-siswi asal Situbondo yang akan dibiayai kuliah di Universitas Jember. “Program Situbondo Unggul ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Situbondo,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pembantu Rektor III Universitas Jember, menyambut baik Program Situbondo Unggul yang digagas Pemerintah Kabupaten Situbondo ini.  “Kami berharap setelah menimba ilmu di Kampus Tegalboto, para siswa ini akan kembali ke Situbondo dan membangun daerah sesuai kompetensi ilmunya masing-masing,” tutur Prof. Dr. H. M. Saleh, MSc yang asli putra daerah Situbondo ini. Dirinya juga berharap makin banyak pihak-pihak yang peduli memajukan sektor pendidikan, salah satunya dengan memberikan beasiswa seperti yang dilakukan oleh Kabupaten Situbondo.  

Sementara itu para peserta Program Banyuwangi Cerdas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengikuti ujian di SMAN Giri Banyuwangi. Peserta berjumlah 133 orang yang terdiri dari 49 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi dan sisanya peserta kelompok ujian Sosial Humaniora. Rencananya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan memberikan beasiswa bagi 35 siswanya untuk kuliah di Universitas Jember dan 15 orang di STAIN Jember melalui Program Banyuwangi Cerdas yang tahun ini sudah memasuki tahun ketiga.

“Secara umum ujian berlangsung lancar, hanya saja ada satu peserta ujian Sosial Humaniora di Situbondo yang tidak hadir. Sedangkan di Banyuwangi ada dua peserta yang tidak hadir, masing-masing dari kelompok ujian Sains dan Teknologi dan Sosial Humaniora,” kata Rokhani, SP., MSi Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember yang kebetulan bertugas mengawasi jalannya ujian di Banyuwangi.

Dari hasil Ujian Masuk Universitas Jember Gelombang I yang diumumkan tanggal 22 Juli lalu, Universitas Jember menerima 1321 calon mahasiswa baru. Dari jumlah tersebut tercatat ada 51 siswa peserta Program Situbondo Unggul yang berhasil masuk Universitas Jember, sedangkan melalui Program Banyuwangi Cerdas ada 31 peserta. Untuk diketahui Ujian Masuk Universitas Jember tahun 2013 secara keseluruhan diikuti oleh 4550 peserta yang terdiri dari 2014 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi dan 2536 peserta kelompok ujian Sosial Humaniora.

“Hasil ujian ini akan kita serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi untuk segera ditindaklanjuti, sementara proses pemberian beasiswa menjadi kewenangan pihak pemerintah kabupaten masing-masing,” tambah Rokhani, SP., MSi lagi. Rencananya beasiswa yang akan diberikan melalui Program Situbondo Unggul dan Banyuwangi Cerdas meliputi biaya kuliah dan biaya hidup selama menempuh pendidikan di Kampus Tegalboto. (iim)       

 

 

 

Unit

Follow us

Online Visitor

We have 368 guests and no members online