1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Mahasiswa Harus Jujur, Rasional dan Pemberani

Ada hal yang patut diperhatikan dalam sambutan pelantikan mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 yang disampaikan oleh Rektor Universitas Jember (6/8). Di hadapan ribuan mahasiswa baru yang berbaris rapi di Stadion Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD menyampaikan bahwa mahasiswa, khususnya para mahasiswa baru harus memiliki sifat jujur, rasional dan pemberani.

“Perguruan Tinggi adalah salah satu tempat untuk membentuk karakter atau character building. Dan pembentukan karakter memiliki dua dimensi yakni dimensi personal yang berintikan sifat jujur, rasional dan pemberani serta dimensi sosial dengan sifat adil, tanggungjawab dan toleran,” jelas Rektor. Menurutnya para mahasiswa baru selain menimba ilmu sesuai dengan kompetensinya di tiap-tiap fakultas dan program studi (hard skill), hendaknya juga berusaha membangun karakter (soft skill) melalui berbagai kegiatan dan aktivitas di kampus.

Mahasiswa diharapkan menjadi orang yang jujur dalam segala tingkah laku, termasuk dalam menjalani proses belajar mengajar. Rasional dalam melihat semua masalah dan berani membela kebenaran. “Selain itu jangan dilupakan dimensi sosial yang juga wajib dilaksanakan seperti adil terhadap sesama, bertanggungjawab dan toleran,” tambah Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD lagi.

Sifat toleran menjadi titik penekanan pidato sambutan Rektor Universitas Jember. Pasalnya menurut pria asli Malang ini, mahasiswa Kampus Tegalboto berasal dari latar belakang, agama dan budaya yang berbeda-beda sehingga sifat toleran menjadi kata kunci agar sukses menjalin kerjasama antara mahasiswa. “Saya tidak ingin kasus pertikaian antara mahasiswa yang terjadi di beberapa tempat, terjadi juga di Kampus Tegalboto,” katanya yang disambut tepuk tangan menggema oleh para mahasiswa baru. (iim) 

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 389 tamu dan tidak ada anggota online