1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Borong Juara di JISFO 2012

 

Jember, 27 November  2012

Para mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember kembali mencetak prestasi fenomenal dalam rangkaian kegiatan Jakarta Islamic Scientific Forum (JISFO) 2012. Dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) JISFO, juara satu, dua dan tiga diborong mahasiswa asal Kampus Tegalboto. “Dari tujuh finalis yang masuk ke babak final, empat tim berasal dari FKG Universitas Jember,” jelas Yusnida Furoida anggota tim yang berhasil menjadi juara satu.

Menurut Yusnida, awalnya panitia hanya menetapkan lima tim yang berhak masuk ke babak final dari 100 tim peserta LKTI yang berasal dari FKG seluruh Indonesia. Namun begitu mengetahui jika dari lima finalis, empat tim berasal dari FKG Universitas Jember, maka panitia membuat kebijakan baru dengan menambah finalis menjadi tujuh tim. Tiga finalis lainnya adalah dua tim dari FKG Universitas Gadjah Mada dan tim FKG Universitas Padjadjaran. “Ini pertama kali terjadi dalam sejarah JISFO, dimana dalam sebuah babak final empat tim pesertanya dari satu universitas,” kata mahasiswi angkatan 2010 ini.

Dan hasilnya sungguh luar biasa, dalam babak final yang berlangsung di FKG Universitas Indonesia (14/11), juara satu sampai tiga dibawa pulang ke Kampus Tegalboto. Juara satu diraih oleh M. Ainun Najib, Yusnida Furoida, M. Harish dengan judul karya tulis “Pemanfaatan Ekstrak Daun Sirih Merah (piper cf. Fragile Benth) Sebagai Terapi Penyembuhan Luka Insisi”.

Juara kedua adalah karya tulis berjudul “Bokis : Botol Susu Bersekat Sebagai Inovasi Untuk Pencegahan Karies Rampan Pada Anak Balita” yang ditulis oleh Ade Ivi, Junti Rosa Veryani dan Ayu Prativia Yoneda. Sementara juara ketiga disabet oleh M. Reza Abdillah, Ardian Pradana dan Alex Willyandre yang membuat karya tulis berjudul  “Potensi Enzim Bromelain Pada Bonggol Nanas (Ananas Comosus) Sebagai Agen Terapi Alternatif Squamous Cell Carcinoma”.

Keberhasilan para mahasiswa FKG Universitas Jember ini tidak lepas dari peran aktif Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dentin yang gencar mempromosikan tradisi meneliti di kalangan mahasiswa FKG Universitas Jember. “Saat ini ada 30 mahasiswa yang aktif di UKM Dentin, sementara yang sudah menyatakan berminat bergabung juga banyak,” ujar M. Ainun Najib. Yang lebih menggembirakan lagi, mahasiswa baru tahun 2012 sudah bergabung di UKM Dentin. Bahkan tim yang menjadi juara dua beranggotakan mahasiswa angkatan 2012.  

JISFO 2012 sendiri adalah rangkaian kegiatan tahunan yang digagas oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Universitas Trisakti dan Universitas Moestopo Beragama. Selain menggelar LKTI (14/11), panitia juga mengadakan seminar nasional dan acara lainnya. “Harapan kami akan lebih banyak kawan-kawan yang gemar meneliti dan melanjutkan penelitian yang masih di tingkat kajian pustaka ini,” tambah M. Ainun Najib. (iim).    

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 196 tamu dan tidak ada anggota online