1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PENDAFTARAN BIDIKMISI DIBUKA

Kabar gembira bagi siswa-siswi SMA sederajat yang berprestasi namun berasal dari kalangan kurang mampu. Mereka memiliki kesempatan kuliah di bangku perguruan tinggi tanpa harus khawatir dengan masalah biaya. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran Program Bidikmisi. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Rektor III Universitas Jember, Drs. Andang Subaharianto, M.Hum hari Selasa (24/1). “Pendaftaran Program Bidikmisi untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan dibuka dari tanggal 20 Januari sampai dengan 29 Februari 2012,” jelasnya.
Menurut Drs. Andang Subaharianto, M.Hum siswa siswi berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan diri kepada Kepala Sekolah masing-masing untuk direkomendasikan sebagai calon penerima Program Bidikmisi. Kemudian Kepala sekolah yang akan menyeleksi siswa-siswi yang memenuhi syarat dan mendaftarkan mereka melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id   “Nantinya persyaratan yang harus dipenuhi beserta formulir yang harus diisi dapat dilihat dan diunduh melalui web tersebut,” tambah Pembantu Rektor III.

Setelah Kepala Sekolah mendaftarkan siswa siswinya secara online, maka akan mendapatkan Kode Akses (KA) bagi setiap murid yang direkomendasikan. Kode Akses ini yang akan digunakan siswa –siswi untuk mengisi formulir secara online pula. Siswas iswi yang berhasil menyelesaikan pendaftaran online akan mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN yang akan digunakan untuk mendaftarkan diri di SNMPTN Jalur Undangan.  “Jika siswa-siswi yang bersangkutan gagal di SNMPTN Jalur Undangan, KAP dan PIN ini dapat digunakan untuk mendaftar di SNMPTN jalur Ujian Tulis,” tambah Drs. Andang Subaharianto, M.Hum lagi.


Untuk diketahui, pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan yang berdasarkan nilai raport alias tanpa tes ini akan dilaksanakan 1 Februari sampai dengan 8 Maret 2012. Tiap peserta SNMPTN Jalur Undangan dapat memilih dua perguruan tinggi negeri yang diminati, dimana pada setiap perguruan tinggi negeri dapat memilih dua program studi. Seleksi akan direncanakan pada 9 Maret sampai dengan 15 Mei 2012, sedangkan pengumumannya pada 25 Mei 2012. Siswa siswi yang diterima melalui Jalur Undangan wajib melaksanakan daftar ulang pada 12 dan 13 Juni 2012.

Tahun ini Universitas Jember rencananya akan memperoleh kuota 500 mahasiswa baru melalui Program Bidikmisi, jumlah ini naik bila dibandingkan tahun lalu yang sejumlah 400 orang. Peserta Program Bidikmisi akan bebas biaya kuliah selama delapan semester dan menerima biaya hidup sebesar tujuh ratus ribu rupiah per bulan. Selain itu, para mahasiswa peserta Program Bidikmisi akan menerima berbagai pelatihan semisal pelatihan manajemen tingkat dasar, kewirausahaan dan lainnya. “Harapannya, program Bidikmisi dapat memutus garis kemiskinan,” tutur Drs. Andang Subaharianto, M.Hum. (iim)  

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 253 tamu dan tidak ada anggota online