1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Bersiap Hadapai Kurikulum 2013, FKIP Universitas Jember Gelar Seminar Nasional

Jember, 20 Desember  2012  

Hampir 2000 peserta yang didominasi para guru berduyun-duyun menghadiri seminar nasional “Rekonstruksi Kurikulum Berbasis Karakter Dalam Rangka Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2013” yang diadakan oleh Jurusan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember di Gedung Soetardjo (20/12). “Sebenarnya kami menerima pendaftaran hampir 3000 peserta, namun karena mengingat daya tampung Gedung Soetardjo, maka dengan sangat terpaksa sebagian peserta tersebut kami tolak,” ujar Dr. Nurul Umamah, MPd ketua panitia kegiatan.

Menurut Dr. Nurul Umamah, MPd kegiatan seminar kali ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta, terutama para guru mengenai Kurikulum 2013. Selain itu juga membahas kurikulum pelajaran sejarah yang adaptif terhadap dinamika perubahan zaman. “Oleh karena itu kami sengaja menghadirkan para pakar penyusun kurikulum dan pakar pelajaran sejarah,” tambahnya ketua Jurusan Sejarah FKIP ini lagi.  

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD memberikan apresiasi atas antusiasme peserta yang tinggi sehingga mampu memenuhi Gedung Soetardjo. Menurut Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD kurikulum 2013 yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah memang di sana-sini masih dikritisi sehingga seminar kali ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kurikulum 2013. Oleh karena itu Rektor memuji panitia kegiatan seminar kali ini yang juga berarti membantu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mensosialisasikan Kurikulum 2013. “Penerapan sebuah kurikulum memang memerlukan kesiapan tidak hanya dari kurikulum itu sendiri, namun juga menuntut kesiapan banyak hal seperti media pembelajaran dan tentu saja kesiapan guru,” ujarnya.

Para pemateri yang hadir antara lain Prof. Dr. Dadang Supardan, MPd (Universitas Pendidikan Indonesia), Prof. Dr. Hariyono, MPd (Universitas Negeri Malang), Drs. Imam Edi Priyanto, MPd (LPMP DKI Jakarta), Dr. Nurul Umamah, MPd (FKIP Universitas Jember) dan Drs. M. Rifai, MPd (praktisi, guru). Sementara peserta didominamasi guru dan birokrat di bidang pendidikan, pemerhati pendidikan, dosen dan mahasiswa FKIP Universitas Jember dan perguruan tinggi lain. (iim)      

Unit Kerja

Tamu Online

Kami memiliki 181 tamu dan tidak ada anggota online