1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS JEMBER MELALUI TIGA JALUR

Universitas Jember pada tahun akademik 2012/2013 membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Ketiga jalur tersebut meliputi dua jalur melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yakni jalur Undangan dan Ujian Tulis serta jalur Seleksi Mandiri yang diselenggarakan sendiri oleh Universitas Jember, yakni Ujian Masuk (UM) Universitas Jember. Tahun akademik 2012/2013 jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) tidak dibuka. Kebijakan ini disampaikan oleh Kepala Humas dan Protokol, Rokhani, SP., MSi hari Selasa (31/1).

Menurut Rokhani, SP., MSi tidak dibukanya jalur PMDK berkaca pada kondisi penerimaan mahasiswa baru tahun lalu dan keinginan untuk mendapatkan kualitas calon mahasiswa yang lebih baik. “Tahun lalu jalur PMDK Universitas Jember baru diadakan setelah proses SNMPTN selesai, maka para siswa siswi yang berprestasi sudah tersaring di jalur Undangan dan Ujian Tulis SNMPTN,” jelasnya. Untuk diketahui mulai tahun 2011 pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan aturan pelaksanaan jalur Seleksi Mandiri yang diselenggarakan sendiri oleh tiap-tiap perguruan tinggi harus menunggu proses SNMPTN berakhir.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana proses pendaftaran PMDK Universitas Jember sudah dimulai sejak bulan Februari pada tiap tahunnya. Siswa siswi yang diterima melalui PMDK Universitas Jember juga diwajibkan mendaftar ulang pada saat pelaksanaan tes SNMPTN Ujian Tulis diadakan. Sehingga mau tidak mau mereka harus memilih antara mendaftar melalui di PMDK atau mengikuti tes SNMPTN Ujian Tulis. “Dengan proses seperti ini, kita masih bisa menjaring siswa siswi yang berprestasi,” jelas Kepala Humas.

Selain itu Universitas Jember mengalami kesulitan menggelar proses pendaftaran PMDK dengan waktu yang mepet. “Bayangkan tahun lalu mulai proses pendaftaran PMDK Universitas Jember sampai dengan pengumuman tidak lebih dari sebulan. Padahal tahun-tahun sebelumnya proses PMDK berjalan empat sampai lima bulan,” kata Rokhani, S., MSi lagi. Kepala Humas yang juga dosen Fakultas Pertanian ini juga menambahkan jika khusus untuk Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran hanya menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN Undangan dan Ujian Tulis.

Tahun akademik 2012/2013, Universitas Jember merencanakan akan menerima 5560 mahasiswa baru. Nantinya 25% mahasiswa baru diseleksi melalui SNMPTN jalur Undangan, 50% dari jalur SNMPTN Ujian Tulis dan sisanya dari Ujian masuk (UM) Universitas Jember. Persentase mahasiswa baru Universitas Jember yang diterima dari jalur SNMPTN sebanyak 75% ini di atas batasan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud yang mengharuskan setiap perguruan tinggi negeri menerima 60% mahasiswa barunya dari SNMPTN.

Untuk diketahui, pendaftaran SNMPTN jalur Undangan dilaksanakan pada 1 Februari sampai dengan 8 Maret 2012. Sedangkan untuk SNMPTN jalur Ujian Tulis pendaftarannya digelar 10 sampai dengan 31 Mei 2012. Sementara untuk UM Universitas Jember gelombang I digelar 9 sampai dengan 13 Juli 2012. UM Universitas Jember gelombang II yang khusus membuka pendaftaran program diploma, pendaftarannya diadakan pada 20 sampai 24 Juli 2012. (iim)      

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 143 tamu dan tidak ada anggota online