1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pendaftaran SBMPTN Mulai Tanggal 13 Mei 2013

 

Jember, 26 Maret 2013                 

Kesempatan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi para siswa SMA sederajat masih terbuka. Setelah jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 resmi ditutup, kini jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dibuka. Pendaftaran SBMPTN akan dimulai tanggal 13 Mei 2013 sampai dengan 7 Juni 2013.

Menurut Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Rokhani, SP., M.Si  SBMPTN terbuka bagi siswa SMA sederajat yang lulus tahun 2013, 2012 dan 2011. Berbeda dengan jalur SNMPTN yang khusus diperuntukkan bagi lulusan tahun 2013, tanpa biaya dan proses seleksinya berdasarkan nilai raport, maka calon peserta SBMPTN dikenakan biaya dan proses seleksinya dengan ujian tulis. “Biaya seleksi untuk kelompok ujian Sains dan Teknologi serta Sosial Humaniora sebesar Rp. 175.000,- sementara kelompok ujian Campuran Rp. 200.000,-,” jelas Rokhani.   

Kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial Humaniora (Soshum) adalah nama baru untuk kelompok ujian IPA dan IPS, sementara untuk kelompok ujian Campuran dulu dikenal sebagai IPC. Dalam SBMPTN 2013, setiap peserta kelompok ujian baik Saintek, Soshum maupun Campuran akan mendapatkan tiga pilihan program studi. “Pembayaran dilaksanakan melalui Bank Mandiri di seluruh Indonesia, sementara pendaftaran secara on line melalui web http://ujian.sbmptn.or.id,” kata Rokhani lagi.

Bagi para siswa yang berminat mengikuti SBMPTN, syaratnya harus lulus Ujian Nasional. Sedangkan bagi lulusan tahun 2013 yang belum memiliki ijazah, nantinya bisa menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi pasfoto terbaru dan dibubuhi cap sekolah. Ujian SBMPTN dijadwalkan pada tanggal 18 dan 19 Juni 2013, sementara untuk pengumuman hasil ujian dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id tanggal 12 Juli 2013. “Untuk informasi lebih lengkap bisa datang ke Bagian Humas dan Protokol atau Bagian Akademik Universitas Jember pada setiap jam kerja, atau membuka laman http://www.sbmptn.or.id,” tambah Rokhani lagi. (iim) 

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 227 tamu dan tidak ada anggota online