1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Universitas Jember Buka Layanan Informasi dan Konsultasi SBMPTN 2013

Jember, 14 Mei 2013

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dibuka mulai hari ini. Untuk memudahkan para calon pendaftar melaksanakan proses pendaftaran, Universitas Jember membuka layanan informasi dan konsultasi SBMPTN 2013. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Rektor I Universitas Jember di sela-sela menerima kunjungan Wakil Menteri Pendidikan Thailand, Suwat Tantipat bersama rombongan di Gedung Rektorat dr. R. Achmad Kampus Tegalboto Universitas Jember (13/5). “Kita membuka layanan informasi dan konsultasi SBMPTN di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa sejak hari ini sampai dengan tanggal 7 Juni 2013,” jelas Pembantu Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, PhD.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Siswa SMA sederajat yang dapat mengikuti SBMPTN adalah lulusan tahun 2013, 2012 dan 2011. “Untuk ujian tertulis akan diadakan pada hari Selasa dan Rabu, 18 dan 19 Juni 2013 nanti, sementara pengumuman hasil ujian akan direncanakan pada tanggal 12 Juli 2013,” tambah Drs. Zulfikar, PhD.

Para siswa lulusan tahun 2013, 2012 dan 2011 yang berminat mengikuti SBMPTN dapat mendaftarkan diri dengan cara membayar biaya ujian terlebih dahulu melalui Bank Mandiri dimana saja. Untuk biaya ujian kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) atau yang dulu dikenal sebagai kelompok ujian IPA dan Sosial Humaniora (Soshum) yang dulu dikenal sebagai kelompok ujian IPS adalah 175 ribu rupiah, sementara untuk kelompok ujian Campuran yang dulu disebut IPC adalah 200 ribu rupiah. Peserta setiap kelompok ujian dapat memilih tiga program studi. 

Setelah membayar di Bank Mandiri, calon peserta SBMPTN akan mendapatkan PIN yang digunakan untuk mendaftarkan diri secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id dengan menyiapkan pasfoto dalam bentuk softcopy dengan ukuran 4 X 6 cm dengan ukuran file maksimum 100 KB dengan format JPG atau PNG. Setelah menyelesaikan pengisian data diri dan data lainnya, peserta diharapkan menyimpan file Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dan mencetak Kartu Tanda Bukti Pendaftaran. “Jangan lupa bagi siswa SMA sederajat yang lulus tahun 2013 untuk meminta Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari kepala sekolah dengan dilengkapi pasfoto terbaru dan dibubuhi stempel sekolah karena dimungkinkan ijazahnya belum keluar,” kata Drs. Zulfikar, PhD.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Rokhani, SP., MSi menambahkan jika layanan informasi dan konsultasi mengenai SBMPTN 2013 juga bertujuan memberikan layanan konsultasi mengenai dunia perguruan tinggi terutama mengenai program studi yang ada. Pasalnya dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya masih ada calon peserta yang bingung memilih program studi yang ada. “Sebaiknya sebelum mendaftarkan diri para calon peserta membuka informasi dan tata cara pendaftaran SBMPTN di laman http://www.sbmptn.or.id agar tidak salah melangkah dan mencari tahu mengenai program studi yang diminati,” katanya.

Dari data tahun lalu, peminat masuk ke Universitas Jember melalui jalur ujian tulis yang  dahulu disebut SNMPTN Ujian Tulis mencapai 22.225 orang. Untuk diketahui, 30 % kursi mahasiswa baru 61 PTN di Indonesia akan dipenuhi melalui jalur SBMPTN 2013, sedangkan 50% diperoleh dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang kini tinggal menunggu pengumuman hasil kelulusannya. Sementara 20%  sisanya diserahkan kepada tiap PTN melalui seleksi lokal atau seleksi mandiri. (iim)              

 

 

 

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 216 tamu dan tidak ada anggota online