1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Universitas Jember Mulai Terapkan Sistem Informasi Terpadu

Jember, 12 Juni 2013

Universitas Jember terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada para mahasiswa. Setelah memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang memberikan jaminan kuliah bagi calon mahasiswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu, kini Universitas Jember mulai menerapkan Sistem Informasi Terpadu (Sister). Penerapan Sister dimulai bagi para calon mahasiswa baru Universitas Jember yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Setelah melaksanakan kegiatan verifikasi penghasilan orang tua (PO), para calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN mendapatkan PIN yang dikirimkan melalui SMS (Short Message Service). Dengan menggunakan PIN dan nomor pendaftaran SNMPTN, para calon mahasiswa Kampus Tegalboto ini kemudian mengisikan data diri, data keluarga dan data akademik di laman  https://sister.unej.ac.id. Proses pengisian data ini dilakukan dari tanggal 11 sampai dengan 17 Juni 2013 berbarengan dengan pembayaran UKT.

Penerapan Sister yang berbasis pada teknologi informasi ini diharapkan memberikan kemudahan bagi para calon mahasiswa baru. Pasalnya mereka bisa mengisikan data dari tempat domisili masing-masing dengan waktu pengisiannya pun cukup panjang. Bandingkan dengan pelaksanaan daftar ulang mahasiswa baru di tahun-tahun sebelumnya yang biasanya menyajikan pemandangan menumpuknya deretan antrean calon mahasiswa baru yang akan mengisikan data diri.

“Tujuan pengisian data ini selain untuk kepentingan bank data Universitas Jember, juga untuk memberikan kenyamanan bagi para calon mahasiswa baru, sebab pada saat kegiatan daftar ulang nanti pada tanggal 18 dan 19 Juni, mereka sudah tidak perlu lagi antre mengisi data diri,” jelas Pembantu Rektor I, Drs. Zulfikar, PhD. Untuk diketahui kegiatan daftar ulang mahasiswa baru di Universitas Jember pada tahun sebelumnya meliputi pemeriksaan kesehatan, pengisian data diri, penetapan nomor induk mahasiswa, foto untuk kartu mahasiswa dan pengukuran jaket almamater. Dengan penerapan Sister maka satu tahapan sudah dilalui, sehingga proses daftar ulang bisa selesai lebih cepat.

Sister secara bertahap juga akan diterapkan bagi para mahasiswa Universitas Jember lainnya, semisal untuk pemrograman KRS, pengumuman nilai ujian atau tugas kuliah dan lainnya. Begitu pula bagi para dosen yang akan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Sister ini kami rencanakan menjadi sebuah sistem yang mencakup sistem administrasi akademik, sistem manajemen anggaran dan e-payment,” tambah Pembantu Rektor I. (iim)   

 

 

 

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 332 tamu dan tidak ada anggota online