1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan Jajagi Kerjasama Dengan Universitas Jember.

 

Universitas Jember kedatangan empat orang tamu dari Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah (26/4). Rombongan yang dipimpin oleh ketua Dewan Pengawas Yayasan Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Drs H.  Aly Ahmad Sahal diterima langsung oleh Rektor Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D. dan Pembantu Rektor I Universitas Jember Drs. Zulfikar Ph.D.

“Perlu diketahui Pesantren kami baru berdiri dua tahun yang lalu merupakan  Pesantren Modern yang  mengembangkan pendidikan formal selain pendidikan agama yang menjadi dasar pendidikan para santri,” jelas  Drs H.  Aly Ahmad Sahal. “Untuk saat ini kami sudah mempunyai sekolah sampai dengan tingkat Sekolah Menengah Pertama dan pada tahun ini kami akan membuka Sekolah Menengah Kejuruan dengan dua jurusan yaitu jurusan Teknologi Pengelolaan Hasil Pertanian dan jurusan Desain Komunikasi Visual,” lanjutnya. “ Oleh sebab itu kami ingin melakukan kerjasama dalam bidang penyusunan kurikulum dan bantuan tenaga pendidik untuk guru ataupun siswa di pesantren kami,” jelas Drs H.  Aly Ahmad Sahal.

Menurut Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah H. Misbahul Munir, M.Ag dipilihnya Universitas Jember sebagai salah satu lembaga yang dirangkul untuk mengembangkan SMK di  Pesantren Bayt Al-Hikmah ada dua alasan. Alasan pertama adalah kedua jurusan yang akan dikembangkan di SMK Pesantren Bayt Al-Hikmah match dengan jurusan yang ada di Universitas Jember yaitu jurusan Teknologi Hasil Pertanian di Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Sistem Informasi serta  jurusan Program Televisi dan Film di Fakultas Sastra. “Alasan kedua karena  keluarga besar pengurus Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah termasuk keluarga Bani Siddiq jadi kami sering bersilaturahmi ke Jember,” ungkap H. Misbahul Munir, M.Ag . Perlu diketahui K.H. Siddiq atau yang lebih dikenal sebagai  Mbah Siddiq adalah ulama besar dari Kabupaten Jember.

Sementara itu  Rektor Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D menyambut baik kedatangan rombongan dari Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah. Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D mengatakan kesiapan Universitas Jember untuk bekerjasama. Senada dengan Rektor, Pembantu Rektor I Drs. Zulfikar Ph.D., mengatakan kerjasama ini bisa dikatakan sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian masyarakat.

Dalam kesempatan itu rombongan dari Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah juga mengunjungi laboratorium serta berdiskusi secara teknis bentuk-bentuk kerjasama yang akan dibangun dengan pimpinan di lingkungan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Teknologi Pertanian universitas Jember. (did)  

 

 

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 203 tamu dan tidak ada anggota online