1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pendaftaran SNMPT Jalur Ujian Tulis Dibuka.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis mulai dibuka hari ini tanggal 10 Mei sampai dengan 31 Mei 2012.Pendaftaran dilakukan secara online di alamat www.ujian.snmptn.ac.id. Sedangkan pelaksanaan tes SNMPTN Jalur Ujian tulis akan diadakan pada tanggal 12 dan 13 Juni 2012. Sementara pengumuman hasil SNMPTN Jalur Ujian Tulis direncanakan pada tanggal 7 Juli 2012 dan bagi yang lolos di Universitas Jember diwajibkan melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk pada 9 sampai dengan 13 Juli 2012. Sedangkan daftar ulang 16 sampai dengan 18 Juli 2012.

Menurut Rokhani, SP., Msi, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, tata cara pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tulis tahun ini tidak banyak berbeda dengan tahun lalu. Calon peserta dapat membayar biaya SNMPTN jalur Ujian Tulis di Bank Mandiri mana saja. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas diri saat membayar. Untuk kelompok ujian IPA dan IPS sebesar Rp. 150.000,- dan untuk kelompok ujian IPC Rp. 175.000,-. Setelah membayar, calon peserta akan mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN yang harus diisikan saat mendaftar on line. “Sebelum membayar silahkan membaca dengan seksama aturan dan persyaratan SNMPTN jalur Ujian Tulis di www.snmptn.ac.id ,” himbau Rokhani, SP., MSi lagi.

“Pengumuman hasil Ujian Nasional (UNAS) bagi siswa siswi SMA sederajat tahun ini kemungkinan baru keluar pada tanggal 26 Mei 2012. Di lain sisi, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dilaksanakan mulai tanggal 10 Mei sampai dengan 31 Mei 2012. Mengantisipasi hal ini, Panitia Pusat SNMPTN 2012 mengeluarkan kebijakan bahwasanya kartu peserta UNAS dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis” Rokhani, SP., Msi menjelaskan.

“Kami harapkan siswa siswi menyimpan baik-baik Kartu Peserta UNAS karena dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis,” pesan Rokhani, SP., MSi. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi membludaknya pendaftar pada akhir-akhir masa pendaftaran yang berpotensi mengangu sistem on line SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Dengan adanya kebijakan ini, Rokhani, SP., MSi menghimbau agar para calon peserta SNMPTN Jalur Ujian Tulis 2012 segera  mendaftar tanpa menunggu pengumuman kelulusan UNAS atau keluarnya ijazah.

Selain dengan menggunakan Kartu Peserta UNAS, pendaftaran juga bisa menggunakan Surat Keterangan Mengikuti UNAS atau Surat keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang dikeluarkan oleh pihak sekolah. Khusus Surat Keterangan Mengikuti UNAS dan SKHUN dilengkapi dengan foto yang bersangkutan. Namun tentu saja jika calon peserta tidak lulus, maka keikutsertaannya di SNMPTN Jalur Ujian Tulis otomatis gugur. Nantinya pada saat tes SNMPTN Ujian Tulis, peserta wajib membawa Kartu Peserta UNAS, Surat Keterangan Mengikuti UNAS atau SKHUN.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap Panitia Lokal Jember membuka Pusat Informasi SNMPTN 2012 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Tegalboto yang akan dibuka selama masa pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Dapat juga menghubungi Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember di (0331) 324088 pesawat 317 atau Bagian Akademik di pesawat 338. (iim)   


Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 172 tamu dan tidak ada anggota online