1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Membentuk Karakter Melalui Paduan Suara.

 

Jember, 26 Desember 2012

Saling menghormati, disiplin waktu dan saling mengerti tugas dan kewajiban antar anggota, ini hanya sebagaian kecil yang harus dilakukan anggota paduan suara. Banyak hal yang bisa dipelajari sebagai pembentuk karakter mahasiswa untuk mengimbangi dampak teknologi yang akhir-akhir ini membuat mahasiswa cenderung lebih individual.

Dewan Juri yang bertugas pada Lomba Paduan Suara Antar Fakultas (LPSAF) Mahasiswa Baru Universitas Jember(22/12)  memberikan ulasan tentang manfaat mengikuti paduan suara. Ketua dewan juri Drs. A. Lilik Slamet Raharsono mengatakan “ Akhir-akhir ini pemerintah sedang gencar-gencarnya untuk melaksanakan pembentukan karakter bagi mahasiswa, Maka LPSAF 2012 ini adalah salah satu jawaban dari UKM Paduan suara”.

Senada dengan Ketua dewan juri, Drs. A. Djoko Lesmono M.Si salah satu dewan juri yang lain mengungkapkan bahwa rasa saling menghormati antar anggota dan saling mengerti dengan lain akan membuat paduan suara itu bisa menjadi lebih baik. Djoko mencontohkan “Dalam paduan suara tidak boleh ada suara individu yang menonjol tetapi suara kelompok lebih diutamakan, oleh sebab itu penyanyi paduan sura hendaknya mau mengerti kebutuhan tim, bukan mentang-mentang mempunyai sura bagus kemudian dia bersuara paling keras”.

Menurut Pembantu Rektor III Universitas Jember Prof. Dr. HM Saleh M.Si , LPSAF  bisa menumbuhkan kreativitas dikalangan pesertannya.  Prof. Dr. HM Saleh M.Si mengingatkan kegiatan ekstrakurikuler bisa mendukung keberhasilan mahasiswa setelah lulus.

Sementara itu LPSAF merupakan ajang bergengsi yang diadakan tiap tahunnya oleh UKM paduan suara pusat. Pada tahun 2012 komba paduan suara ini berbeda dari lomba sebelumnya, diikitu oleh 13 fakultas dan 2 program studi setara fakultas lomba diselenggarakan menjadi dua sesi.  Sesi pertama dengan nomor undian 1-8 pada sore hari dan sesi kedua dengan nomor undian 9-15 malam harinya.

Greece T Asmuruf  selaku ketua UKM paduan suara pusat  mengatakan tujuan diselenggarakan dua sesi agar acara bisa dinikmati dengan nyaman karena acara bisa selesai tidak sampai larut malam. “Kesehatan penyanyi lebih kami utamakan, dalam lomba yang sama pada tahun sebelumnya banyak peserta yang pingsan karena kecapekan” tandasnya.

Hasil perlombaan selngkapnya:

Juara 1 Fakultas Kedokteran

Juara 2 Fakultas Kedokteran Gigi

Juara 3 Fakultas Pertanian

Harapan 1 Fakultas Ekonomi

Harapan 2 Fakultas Keguruan

Harapan 3 Fakultas Matematika dan Ipa. (Lyra/Yunus/did)

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 172 tamu dan tidak ada anggota online