1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

2000 Lansia Jember Senam Bersama Di Kampus Tegalboto

 

Jember, 18 Juni 2013

Suasana hari Minggu pagi (16/6) di double way Kampus Universitas Jember yang ceria makin semarak saat 2000 Lanjut Usia (Lansia) dari seluruh Jember melaksanakan kegiatan senam bersama dalam rangka peringatan “Hari Lanjut Usia Nasional 2013”. Para Lansia yang hadir merupakan perwakilan dari Karang Werda se-Jember, anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Jember, anggota Yayasan Gerontologi Abiyoso Perwakilan Jember, perkumpulan senam jantung sehat dan sivitas akademika Universitas Jember termasuk para purna tugas.

Menurut ketua panitia kegiatan, Drs. Imam Soebagio, kegiatan senam bersama ini dimulai dengan Senam Jantung Sehat II, Senam Poco-Poco dan diakhiri dengan Senam Diabet seri II. “Selain bertujuan berolah raga bersama, kegiatan ini juga bermaksud untuk menjalin tali silaturahmi dengan sesama Lansia di Jember,” ujar mantan Kepala Bagian Humas Universitas Jember yang pagi itu tampak sibuk mengatur jalannya acara.

Sementara itu Ketua Perwakilan Yayasan Gerontologi Perwakilan Jember, H. Giman Supriatno menjelaskan jika salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas hidup Lansia adalah dengan wahana olah raga bersama agar tetap sehat. “Oleh karena itu kami berterima kasih kepada Universitas Jember karena telah bersedia menjadi tuan rumah kegiatan ini. Hal ini membuktikan jika Universitas Jember bukan menara gading, tapi makin merakyat,” katanya. Peningkatan kualitas Lansia melalui wahana olahraga juga dilaksanakan oleh Universitas Jember melalui pembentukan Komunitas Sehat Universitas Jember yang beranggotakan para purna tugas dengan kegiatannya antara lain olahraga bersama sebulan sekali.     

Kegiatan Senam Bersama 2000 Lansia Jember ini ditanggapi positif oleh Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD. Dalam sambutannya Rektor menjelaskan jika kesediaan menjadi tuan rumah adalah salah satu bentuk keramahan sosial sivitas akademika Universitas Jember. “Universitas Jember adalah milik bersama, milik kita semua, jadi sudah seharusnya jika Kampus Tegalboto mewadahi semua komponen masyarakat termasuk para Lansia. Kami juga memiliki sumber daya manusia yang siap membantu para Lansia seperti misalnya dengan fakultas yang ada di rumpun kesehatan,” tuturnya.

Kegiatan senam bersama juga dihadiri oleh Murtadho, perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Jember yang berharap kegiatan kali ini bisa menjadi agenda rutin. Menurutnya dengan semakin tingginya Usia Harapan Hidup masyarakat Indonesia, maka akan makin banyak Lansia. “Kita berusaha terus meningkatkan pembinaan Lansia di Jember dengan berbagai cara, dan Alhamdulillah Kabupaten Jember meraih juara pertama dalam bidang Pembinaan lansia se-Jawa Timur tahun lalu,” katanya.

Seusai senam bersama, acara dimeriahkan dengan penampilan paduan suara dari Karang Werda Intan Permata Kecamatan Kaliwates,  Karang Werda Sejahtera Kecamatan Semboro dan Karang Werda Dahlia IV Kecamatan Ambulu. Para Lansia juga berkesempatan mendapatkan door prize yang disediakan kalangan perbankan mitra Universitas Jember. (iim)  

 

 

 

 

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 94 tamu dan tidak ada anggota online