1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Artikel

Unej Jalin Kerjasama dengan KOMNAS HAM

 Jember, 21 Oktober 2013

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (KS) Universitas Jember bekerjasama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menggelar kuliah umum dan Memorandum of Understanding (MoU). Acara dilaksanakan di aula lantai 2  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (17/10).

Kuliah umum kali ini mengangkat dua tema sekaligus yang berkaitan dengan HAM. Tema “HAM di Indonesia dan Kelembagaan KOMNAS HAM” menjadi tema pertama yang dibahas dan “Ekonomi Sosial, budaya dan HAM” menjadi pokok bahasan tema yang kedua. Dalam kuliah umum ini dihadiri oleh Rektor Universitas Jember Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD, Dekan FISIP, Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila beserta rombongan dan Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Jmeber.

Acara diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding  (MoU) antara KOMNAS HAM dengan Universitas Jember. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Universitas Jember  Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD dan Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila yang disaksikan oleh Dekan, FISIP Prof. Dr. Hary Yuswadi, MA dan Wakil Ketua Komnas HAM Dianto Bachriadi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD.

Dalam sambutannya Rektor memberikan apresiasi pada FISIP karena aktif dalam menjalin banyak kerjasama. “FISIP Unej aktif menjalin kerjasama baik di dalam negeri dan di luar negeri. Dengan banyaknya kerjasama yang di bangun maka semakin banyak kegiatan positif yang dilakukan” ungkapnya. Rektor berharap adanya Mou dapat meningkatkan kerjasama terkait dengan Hak Asasi Manusia dan merealisasi perjanjian yang telah disepakati. “Saya harap MoU ini bisa terealisai dengan baik dan bisa meningkatkan kerjasama terkait dengan Hak Asasi Manusia”, imbuhnya.

Dekan FISIP Prof. Dr. Hary Yuswadi, MA mengharapkan dengan adanya MoU akan terjalin kerja sama sampai tingkat mahasiswa dan dapat menjembatani Komnas HAM dalam melaksanakan program-program yang terkait dengan kegiatan yang menyangkut Hak  Asasi Manusia. Sehingga mahasiswa Unej bisa melakukan kuliah kerja (magang) di Komnas HAM. “Saya harap nantinya KOMNAS HAM memberikan kemudahan pada mahasiswa yang hendak melakukan kuliah kerja ataupun penelitian yang berkaitan dengan HAM”, ungkap Dekan FISIP.

Sementara itu Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila juga merasa bangga karena bisa menjalin kerjasama dengan Universitas Jember. Dia mengatakan “Kami sangat merasa bahagia dan bangga karena bisa menjalin hubungan kerjasama ini.” Dalam sambutannya dia juga menyampaikan tujuan penandatanganan MoU ini untuk meningkatkan kemajuan HAM. “Tujuan diadakaannya MoU ini untuk meningkatkan kemajuan HAM melalui demokrasi tanpa mengurangi HAM” katanya penuh semangat. 

Banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi akhir-akhir  ini diperlukan peran  aktif mahasiswa dalam penanganannya. “Fakta yang ada saat ini adalah angka pelanggaran HAM setiap tahun terus meningkat. Mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam menangani masalah HAM yang ada di masyarakat”, ungkapnya didepan puluhan peserta kuliah umum. Setelah pemaparan materi kuliah umum,  peserta diberikan kesempatan bertanya seputar hal terkait. (Sr)

Unit Kerja

Follow us

Tamu Online

Kami memiliki 170 tamu dan tidak ada anggota online