UPT Perpustakaan Gencar Sosialisasikan Sistem Perpustakaan Yang Baru

perpust_unej-630x330px

Jember, 7 Februari 2016

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember pro aktif mensosialisaasikan Sistem Informasi Perpustakaan (Sipus) ke seluruh fakultas dan program studi setara fakultas di lingkungan Universitas Jember, (7/2). Sistem yang baru saja di release ini merupakan sistem yang dibuat oleh tim jaringan perputakaan UNEJ bekerjasama dengan UPT sistem informasi UNEJ.

“Hari ini beberapa tim melakukan sosialisasi ke semua fakultas. Sementara ini sasarannya adalah kalangan dosen dan petugas perpustakaan yang ada di fakultas,” ujar Ida Widiastuti, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember saat memberikan sambutan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Ida menuturkan, sistem informasi pepustakaan yang sekarang ini sangat memudahkan program studi untuk mendata koleksi buku yang berkaitan dengan program studi yang ada di fakultas.

“Petugas perpustakaan difakultas bisa dengan mudah mendapatkan daftar buku bacaan yang berkaitan dengan salah satu prodi. Ini tentunya akan sangat membantu manakala daftar koleksi itu dibutuhkan dalam proses akreditasi,” lanjut Ida.

Lebih jauh Ida menjelaskan, selain bisa mengakses koleksi buku sistem tersebut juga menyediakan artikel, jurnal internasional, e-journal dan ribuan e-book  dari berbagai disiplin ilmu yang bisa di download secara gratis.

“Semuanya bisa didapatkan secara gratis tanpa harus melakukan registrasi apapun asalkan menggunakan jaringan internet yang ada di Universitas Jember. Namun jika menggunakan diluar jaringan UNEJ cukup dengan mendaftar menggunakan email yang dibuat oleh UNEJ,” imbuhnya.

Ida berharap, dengan adanya sosialisasi ini para dosen memiliki wawasan mengenai sumber bacaan yang bisa mereka akses secara gratis.

“Sehingga seluruh koleksi yang ada diperpustakaan baik itu berupa buku cetak atau pun yang berupa jurnal dan ebook yang sudah kita beli bisa termanfaatkan secara optimal. Nanti selanjutnya dosen yang hadir dalam sosialisasi ini menyampaikan pada mahasiswanya masing-masing,” pungkas Ida.

Sementara itu Prof. Dafik, M.Sc.,  Dekan FKIP menyambut gembira adanya sosialisasi ini. Menurutnya tidak semua dosen pro aktif mencari informasi mengenai ketersediaan sumber baca yang ada di UNEJ.

“Terutama jurnal dan e-book ini yang tidak banyak diketahui oleh kalangan dosen, padahal ada ribuan e-book ataupun artikel ilmiah yang bisa kita dapatkan secara gratis di perpustakaan kita (UNEJ) kecuali memang anda uangnya terlalu banyak jadi tidak mau yang gratisan,” ujar pria yang akrab disapa Prof. Dafik ini yang disambut tawa para peserta.

Dihadapan 95 peserta ini Prof. Dafik juga berharap, dengan adanya sumber bacaan yang sangat beragam dari semua keilmuan ini bisa meningkatkan publikasi jurnal oleh para dosen.

“Dukungan sumber bacaan sudah ada gratis lagi, kalau tidak suka yang cetak yang elektronik juga lengkap. Semoga dengan adanya ini dukungan dari UPT Perpustakaan ini bisa meningkatkan jumlah publikasi jurnal kita,” pungkasnya. (moen)

1 Comment

  • WIJAYA
    Reply

    UPT Perpustakaan Gencar Sosialisasikan Sisterm Perpustakaan Yang Baru

    SITERM apa SISTEM ??

Leave us a Comment