Perguruan Tinggi Diharapkan Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Hardiknas 1

Jember, 2 Mei 2017

Perguruan tinggi diharapkan tidak saja hanya menjadi agent of change di bidang pendidikan dan riset, namun juga menjadi agen perubahan di bidang ekonomi. Hal ini disampaikan oleh Moch. Hasan, saat memberikan pidato pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) keluarga besar Universitas Jember, yang dilaksanakan di lapangan upacara kampus Tegalboto (2/5). Berpidato tanpa teks, Moch. Hasan, menyampaikan pidato yang bersumber dari sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mengambil tema “Peningkatan Relevansi Perguruan Tinggi Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”.

“Perguruan tinggi dapat berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dengan cara mencetak sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan kemajuan jaman, tentunya melalui kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dunia saat ini. Kedua, perguruan tinggi diharapkan menghasilkan penelitian-penelitian yang bermanfaat langsung bagi kesejahteraan masyarakat,” jelas Moch. Hasan. Rektor tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Jember yang sudah bekerja keras sehingga mampu membawa kampus Tegalboto memperoleh akreditasi A, serta menduduki peringkat ke 15 dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Upacara Hardiknas tahun 2017 Universitas Jember terasa istimewa. Pasalnya untuk kali pertama tampil korps musik Universitas Jember yang anggotanya adalah mahasiswa kampus Tegalboto. Beranggotakan 35 pemain, mereka memainkan tiga lagu yakni lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan Bagimu Negeri. “Kami bersyukur mendapatkan kesempatan unjuk penampilan dalam upacara Hardiknas kali ini, semoga pada acara-acara universitas ke depan kami boleh turut berpartisipasi. Sekaligus memperkenalkan keberadaan Korps Musik kepada segenap sivitas akademika,” ujar Yoga Saputra, koordinator korps musik Universitas Jember.

Uniknya lagi, selain dihadiri oleh dosen, karyawan dan mahasiswa, pada upacara kali ini tampak kehadiran dua dosen asal Jerman, Prof. Dr. Helmut Erdmann, yang merupakan guru besar bidang Bioteknologi dari Flensburg University of Applied Sciences, dan Dipl. Psyc. Heidemarie Erdmann, yang pakar di bidang bimbingan konseling. Keduanya turut berada di lapangan upacara bersama para dosen lainnya mengikuti upacara Hardiknas dengan khidmat. Untuk diketahui, dua dosen asal Jerman tadi mengajar di Program Studi Biologi FMIPA. Selain itu, pada upacara Hardiknas pagi itu, sebanyak 187 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Universitas Jember memperoleh Satya Lencana Karya Satya dari pemerintah atas jasa-jasanya mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. Rektor juga menyerahkan hadiah kepada juara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember tahun 2017. (iim)

Blog Attachment