SPI Universitas Jember Dipercaya Mencetak Internal Auditor Perguruan Tinggi di Indonesia

SPI

 

Jember, 18 Mei 2017

Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Jember dipercaya menjadi lembaga tempat  mencetak para auditor internal di lingkup perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang mempercayakan pendidikan internal auditornya di Universitas Jember. Dalam kegiatan Pelatihan Internal Auditor VIII yang diselenggarakan oleh SPI Universitas Jember (15-18/5), diikuti oleh 38 peserta dari 15 PTN dan 1 PTS di Indonesia. Perguruan tinggi yang turut serta antara lain Universitas Negeri Semarang, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Sulawesi Barat, ISI Denpasar, Universitas Pattimura, Universitas Bangka Belitung, UIN Sunan Ampel, Universitas Lampung, Politeknik Negeri Balikpapan dan perguruan tinggi lainnya.

Menurut Tri Chandra Setiowati, Ketua SPI Universitas Jember, kepercayaan untuk mencetak para auditor internal di lingkup perguruan tinggi di Indonesia tidak lepas dari keberhasilan Universitas Jember sebagai perguruan tinggi dengan SPI terbaik untuk kategori perguruan tinggi berstatus unit kerja. “Walaupun SPI Universitas Jember baru berusia lima tahun, namun Alhamdulillah kami mampu membuktikan diri dapat berkontribusi bagi kesuksesan Universitas Jember, termasuk dengan raihan akreditasi A,” ujar Tri Chandra Setiowati seusai menutup kegiatan (18/5).

Dosen Fakultas Pertanian itu lantas menjelaskan, selain mendapatkan materi mengenai audit perencanaan, audit keuangan, audit pengadaan barang dan jasa, audit sumber daya manusia, para peserta juga mendapatkan materi praktek yang dalam kesempatan kali ini dilakukan di Fakultas kedokteran Universitas Jember. “Materi praktek ini yang membedakan in house training yang dilakukan oleh SPI Universitas Jember dengan lembaga lain. Selain itu kami membatasi peserta pelatihan yang maksimal hanya 40 orang dalam setiap kali pelatihan,” kata Tri Chandra Setiowati.

Sementara itu, Muhammad Faradilla Laitupa, peserta dari Universitas Pattimura mengungkapkan rasa puasnya mengikuti Pelatihan Internal Auditor VIII yang diselenggarakan oleh SPI Universitas Jember. Menurutnya materi yang disampaikan sangat bermanfaat dalam menjalankan tugas sebagai auditor. “Saya mendapatkan rekomendasi dari Irjen Kemenristekdikti untuk mengikuti pelatihan auditor di Universitas Jember karena SPI-nya  dinilai baik, jadi walaupun jarak Ambon ke Jember jauh, tetap saya jalani. Bahkan kami di SPI Universitas Pattimura merencanakan akan mengirimkan perwakilan lagi jika SPI Universitas Jember mengadakan pelatihan,” tutur dosen akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura ini.

Menanggapi hal ini, Tri Chandra Setiowati berjanji berusaha menyempurnakan  pelatihan dengan selalu memperbaharui materi dan memperhatikan perkembangan yang terjadi. Menurutnya diskusi-diskusi yang terjadi selama pelatihan, serta pengalaman para peserta dalam melakukan audit di masing-masing perguruan tinggi bakal menjadi masukan bagi SPI Universitas Jember. “Kami bangga dipercaya mendidik para auditor di perguruan tinggi, terlebih lagi para peserta merasa puas, bahkan dari 38 peserta yang mengikuti pelatihan kali ini, 10 orang diantaranya telah mengikuti pelatihan auditor yang kami selenggarakan Oktober 2016 lalu,” imbuhnya. Sebelumnya, dalam sambutan pembukaannya (15/5), Rektor Universitas Jember menegaskan pentingnya keberadaan SPI sebagai ujung tombak mewujudkan tata kelola universitas yang baik (good university governance). (iim)