Bulan Ramadhan, Bulan Al-Quran

DSC_0643

Jember, 12 Juni 2017

Bulan Ramadhan atau bulan yang dikenal dengan istilah Syahrur Quran, adalah bulan diturunkannya Al-Quran, atau dalam istilah Arab lebih dikenal dengan istilah Nuzulul Quran. Biasanya Nuzulul Quran sering diperingati oleh sebagian masyarakat pada malam tanggal 17 Ramadhan.

“Maka dari itu mari di bulan Ramadhan ini kita semakin memperbanyak dalam membaca Al-Quran sebagai ibadah tambahan bagi kita.” demikian yang disampaikan oleh DR. K.H Abdullah Syamsul Arifin, M.HI saat memberikan tausiyah di Masjid Al-Hikmah Universitas Jember, (9/12).

Dalam ceramah yang diikuti oleh puluhan karyawan beserta jajaran pimpinan ini, Da’i yang akrab disapa Gus Aab ini mengajak agar menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk dalam hidup.  Menurutnya, selain menjadi petunjuk dalam hidup, Al-Quran juga bisa dijadikan sebagai obat dalam setiap persoalan dalam kehidupan.

“Al-Quran ini adalah hidangan dari Allah maka mari kita terimalah hidangan ini semampu kita. Mari kita baca, kita kaji dan kita amalkan sesuai kemampuan kita. Dan jangan lupa selain menjadi petunjuk dalam hidup Al-Quran juga bisa dijadikan obat dalam hidup kita,” ujar Gus Aab.

Gus Aab mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir agar bisa menhadirkan Al-Quran dalam setiap aktifitas kehidupan. Al-Quran sejatinya menjadi kebutuhan hidup, bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ibaratkan makanan mari kita jadikan Al-Quran ini sebagai garam. Menjadi penyedap dalam rasa namun tidak merubah warna dan bentuk makanan. Walaupun tidak tampak keberadaannya namun rasa nikmat yang terasa dilidah menunjukan bahwa garam berada dalam takaran yang pas. Al-Quran Jangan dijadikan sebagai pewarna, keberadaannya tidak berpengaruh pada rasa namun merubah warna dari makanan” jelas Gus Aab.

Diakhir ceramahnya Gus Aab mengajak kepada seluruh jamaah agar tidak hanya berhenti dengan membaca Al-Quran.

“Jangan hanya berhenti membaca saja. Dikaji isi dan kandungannya baca buku tafsir atau paling tidak baca terjemahnya ambil hikmah yang ada di dalam Al-Quran dan amalkan apa yang ada di dalam Al-Quran. Insyaallah apabila hal itu betul-betul kita lakukan maka Ramadhan tahun ini akan menjadi bulan penuh keberkahan bagi kita semua,” pungkas Gus Aab.