MTQ dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Ramaikan Ramadhan Di KampusTegalboto

MTQ

Jember, 12 Juni 2017

Suasana ulan Ramadhan di kampus Tegalboto semarak dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Jember (8/6). Bedanya, MTQ Universitas Jember kali ini dimeriahkan dengan Buka Puasa Bersama 200 Yatim Dhuafa.  Menurut Ir. Abdul Majid, MP., pembina LDK Universitas Jember, selain menggelorakan semangat cinta Al Qur’an, MTQ yang menghadirkan para anak yatim dimaksudkan sebagai wahana berbagi dengan sesama yang kurang beruntung.

Abdul Majid lantas menambahkan, terselenggaranya acara ini merupakan kerjasama antara Universitas Jember dengan Yatim Mandiri Jember yang merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional di Indonesia. Lomba MTQ sekaligus Buka Puasa Bersama 200 Yatim Dhuafa tersebut diharapkan akan dapat menjadi kegiatan rutin dalam agenda Ramadhan Kampus Tegalboto. “Ini merupakan bentuk acara yang bagus, hasil kerjasama antara Kampus Tegalboto dengan Yatim Mandiri Jember. Saya berharap agar kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin yang bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” tutur Abdul Majid.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor III Universitas Jember, Prof. Dr. M. Sulton, M.Pd, mengapresiasi kegiatan yang telah terlaksana tersebut. “Semoga kegiatan Lomba MTQ dan Buka Bersama ini bisa menjadi sarana bagi kita semua untuk dapat saling bersilaturrahmi dan sekaligus mendekatkan diri kepada Allah Swt,” ujar M. Sulton.  M. Sulton juga mengajak kepada seluruh peserta lomba dan yatim dhuafa yang hadir agar dapat menjadikan bulan Ramadhan sebagai moment untuk lebih memperbaiki kualitas ibadah.

Sementara itu dari catatan panitia, terdapat 52 peserta mengikuti lomba MTQ yang berasal dari 13 yayasan yang merupakan binaan Yatim Mandiri Jember. Diantaranya berasal dari daerah Balung, Jelbuk, Sukorejo, dan Patrang. Para peserta tersebut merupakan anak-anak kelas 4 SD hingga kelas 2 SMP. Untuk dewan juri dipercayakan kepada mahasiswa dari IAIN Jember dan STDI Imam Syafi’i yang masing-masing merupakan Tahfidz Al-Qur’an 30 juz. Seusai lomba MTQ selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (lid)