Mahasiswa Universitas Jember Tetap Dominasi PKM

Jember, 22 Juni 2015

Sebagai serangkaian dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Universitas Jember melaksanakan Monitoring Evaluasi (Monev) sebagai program lanjutan. Selama tiga hari (16-18/6) satu persatu kelompok mahasiswa dari PTS dan PTN yang ada di wilayah Besuki Raya (Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo dan Lumajang) diminta mempresentasikan program yang telah mereka lakukan.

Demikian yang disampaikan oleh Ayunda Kumala, S.P Kasubag Minat Penalaran dan Informasi Universitas Jember yang juga bertindak sebagai ketua pelaksana kegiatan. Menurutnya dari 185 kelompok yang lolos 143 diantaranya merupakan kelompok mahasiswa dari Universitas Jember.

“Semuanya ada 185 kelompok dari PTS dan PTN se-Besuki Raya, tahun lalu kami hanya 82 kelompok namun tahun ini kami naik menjadi 143 kelompok,” tutur Ayunda.

Ayunda menjelaskan sebenarnya kegiatan Monev ini merupakan agenda yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Universitas Jember bertindak sebagai tuan rumah. Menurutnya, dari hasil Monev oleh dua orang utusan Dikti Drs. Untung Santoso,M.P dan Prof. Dr. Sulistiyono secara umum tidak ada yang bermasalah.

“Rata-rata mereka dapat mempertanggung jawabnya dana yang mereka peroleh namun ada beberapa kelompok dari PTS yang sedikit kurang bisa menjelaskan kepada tim monitoring tentang program yang mereka lakukan,” imbuh Ayunda.

Sementara itu Drs. Untung Santoso, M.P menyatakan, dari persentasi lima bidang, kewirausahaan, penelitian, pengabdian masyarakat, karya cipta dan sosioal humaniora masih didominasi oleh kewirausahaan kreatif. “Sangat beragam dan kreatif usahanya seperti halnya kelompok usaha Jas Merah (Jajanan Sehat Murah Meriah, red) yang menjadi alternatif bagi mereka yang suka dengan jajanan pasar yang juga suka dengan sehat,” papar Untung.

Untung berharap, dari sekian banyak kelompok yang telah dilakukan Monev banyak yang diikutsertakan dalam Pimna (Pekan Ilmiah Nasional). “Semoga mereka nantinya juga banyak yang berhasil tampil memuaskan dalam Pimnas karena kalo dilihat dari hasil Monev banyak diantara mereka yang berpotensi besar untuk tampil gemilang dalam Pimnas,” pungkas Untung.

Leave us a Comment