Winter, Spring and Summer: Pengalaman Mahasiswa UNEJ 3 Musim di Korea Selatan

Jember, 7 Juli 2015

Menjadi mahasiswa Universitas Jember yang terpilih untuk menjadi bagian dari Student Exchange Program ke Korea Selatan merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Selain menjadi perwakilan Universitas Jember, saya bersama 2 mahasiswa lainnya merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang berangkat sebagai mahasiswa Spring Semester 2015 di Gyeongsang National University (GNU), Korea. Meskipun saya terdaftar sebagai mahasiswa Spring Semester (musim semi) tetapi saya merasa begitu beruntung karena pada awal kedatangan saya di Korea, saya masih merasakan Winter (musim dingin) karena salju yang turun selama beberapa hari dan yang terlihat adalah pohon-pohon di sekeliling yang masih kering.

Setelah itu Beotkkot yang sangat cantik (Sakura, dalam bahasa Korea) pun bermunculan sebagai penanda bahwa musim semi telah tiba. Tetapi peralihan dari musim dingin ke musim semi begitu terasa karena angin yang berhembus dengan kencang, hal ini dianggap oleh masyarakat Korea bahwa musim dingin sedang cemburu kepada musim semi yang selalu disambut oleh bunga-bunga yang bermekaran dengan indah. Hingga akhirnya tidak terasa waktu berlalu dan musim berganti menjadi Summer (musim panas)  pada bulan Juni. Merasakan secara langsung 3 musim di Korea dalam waktu yang singkat menjadi pengalaman tersendiri bagi saya.

Tetapi bukan hanya pengalaman 3 musim yang menjadikan Spring Semester di Korea begitu berkesan, karena saya juga berkesempatan untuk belajar mengenai budaya, sistem pendidikan di Korea, berinteraksi dengan penduduk dan mahasiswa Korea maupun mahasiswa internasional dari berbagai macam negara setiap hari, serta yang lebih penting dan membanggakan adalah saya dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia di Korea pada acara International Cultural Expo 2015 bersama mahasiswa Indonesia yang berada di Korea.

Kami menampilkan tarian tradisional Indonesia, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, fashion show pakaian Indonesia, dan juga menyajikan berbagai macam makanan khas Indonesia dan kami mendapatkan apresiasi yang meriah dari para peserta yang merupakan mahasiswa Korea dan juga mahasiswa internasional lainnya. Mereka tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Indonesia, dan kebetulan saya pun diminta menjadi narasumber dalam wawancara dari beberapa media untuk perwakilan acara tersebut. I have the real unforgettable memories in Korea. (Rif/Mj)   

Leave us a Comment