11.947 Peserta Ikuti SBMPTN Di Panitia Lokal 58 Jember

Jember, 23 Mei 2016.

Sampai batas akhir penutupan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 pada hari Minggu (22/5) jam 16.00 WIB, tercatat ada 11.947 peserta yang akan mengikuti ujian di Panitia Lokal (Panlok) 58 Jember. “Panitia Pusat SBMPTN, memberikan kelonggaran sampai hari Minggu tanggal 22 Mei dari semula yang akan ditutup hari Jumat 20 Mei. Ini karena dari data yang ada masih terdapat 10.406 orang yang sudah membayar namun belum menyelesaikan proses pendaftaran,” jelas Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember (23/5).

Jumlah peserta ujian SBMPTN di Panlok 58 Jember tersebut terdiri dari peserta kelompok ujian Saintek sejumlah 5.150, peserta kelompok ujian Soshum sebanyak 4.839, dan peserta kelompok ujian Campuran yang diikuti oleh 1.858 orang. Jumlah tersebut ditambah peserta SBMPTN 2016 yang mengikuti Computer Based Test (CBT) sejumlah 100 orang, dimana 44 peserta memilih kelompok ujian Saintek, dan sisanya Soshum. Untuk menampung jumlah peserta tersebut, Panlok 58 Jember telah menyiapkan 480 ruangan yang terdiri dari 209 ruangan untuk kelompok ujian Saintek, 195 ruangan untuk kelompok ujian Soshum, dan 76 ruangan untuk kelompok ujian Campuran. Panitia juga mencatat ada 3870 peserta SBMPTN di Panlok 58 Jember yang mengajukan fasilitas beasiswa Bidik Misi. “Kenaikan jumlah peserta ujian SBMPTN ini tidak lepas dari sosialisasi yang dilakukan oleh Panlok 58 Jember, terutama di daerah Tapal Kuda,” kata Agung Purwanto.

“Seluruh ruangan yang ada di Kampus Tegalboto Universitas Jember akan dipakai sebagai lokasi ujian, namun karena hanya mampu menampung sekiitar enam ribuan peserta, maka Panlok 58 Jember meminjam ruangan di sekolah dan kampus yang ada di seputaran Universitas Jember,” lanjut Agung Purwanto. Ruang sekolah dan kampus yang digunakan antara lain Universitas Muhammadiyah Jember, Akademi Kebidanan Bina Husada, SMKN 4, dan SMPN 10 untuk kelompok ujian Saintek. Sementara lokasi di SMAN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMA Muhammadiyah 3, STIE Mandala, STIKES dan Akademi Kebidanan dr. Soebandi menjadi lokasi ujian kelompok Soshum. Sedangkan SMK Yapeni, SMA Pahlawan, STIPER dan STIE Dharma Nasional menjadi lokasi kelompok ujian Campuran.

Khusus untuk seratus peserta CBT, semuanya akan ditempatkan di Fakultas Kedokteran. Panlok 58 Jember telah mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana seperti komputer, serta UPS beserta genset untuk berjaga-jaga jika ada gangguan pada listrik. “Di lokasi ujian CBT di Fakultas Kedokteran, kami menyediakan 140 komputer yang siap digunakan,” tutur Agung Purwanto lagi. Sementara untuk jumlah pengawas, Agung Purwanto menegaskan bahwa sesuai aturan, nantinya setiap 20 peserta akan diawasi oleh 2 pengawas. (iim)

Leave us a Comment