UPT Perpustakaan Universitas Jember Hadirkan Pakar Digital Library Dari Singapura

Jember, 25 Mei 2016

Perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat pesat, termasuk di bidang perpustakaan, salah satunya dengan munculnya digital library. Mengantisipasi hal ini, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember menggelar mini seminar bertajuk “Current Future Trend of Information Technology” dengan menghadirkan pakar digital library dari Singapura, Noor Ashikin (25/5). Seminar diikuti oleh 30 peserta yang merupakan pustakawan pengelola perpustakaan di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan swasta di Jember dan sekitarnya.

Menurut Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti, seminar digelar dengan tujuan agar para pustakawan pengelola perpustakaan PTN dan PTS di Jember mulai memanfaatkan perkembangan teknologi informasi guna membangun digital library.  “Selain itu, seminar ini juga sebagai sarana menjalin komunikasi diantara pustakawan pengelola perpustakaan PTN maupun PTS se Jember. Agar kemampuan pustakawan di  Jember dan sekitarnya makin meningkat, apalagi mengingat perkembangan teknologi yang  pesat saat ini,” tutur Ida Widiastuti.

Dalam paparannya, Noor Ashikin menjelaskan sejarah perkembangan perpustakaan mulai dari sistem manual hinnga digital, lengkap dengan tren pencarian atau penelusuran informasi. “Penelusuran informasi oleh pengguna perpustakaan saat ini beralih kepada penelusuran secara online, oleh karena itu pustakawan harus siap menyediakan dan mengembangkan sarana penunjang digital library seperti e-journal dan sejenisnya,” ujar Noor Ashikin.

Seusai acara digelar, Ida Widiastuti berharap ke depan, pemanfaatan aplikasi e-journal akan lebih optimal setelah diadakan seminar tersebut. “Semoga kegiatan pengembangan kemampuan pustakawan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, agar pustakawan pengelola perpustakaan di PTN dan PTS di Jember dans ekitarnya makin profesional,” pungkas Ida. (lid)

Leave us a Comment