Peraturan Rektor Universitas Jember No. 13650/UN25/EP/2013 tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan, Pasal 15 (4) mewajibkan interaksi dalam kegiatan pembelajaran dapat dilangsungkan dalam bentuk tatap muka, dan atau dengan media IT; videostreaming, e-learning dan teleconference, serta praktikum. Sebagai konsekuensi dari pelaksanaan pembelajaran tersebut, Unej melaksanakan monitoring pembelajaran secara on line melalui Sitem Informasi Terpadu (Sister), yang dapat diakses melalui laman https://sister.unej.ac.id. Laman ini menyajikan fasilitas monitoring kegiatan akademik di lingkungan UNEJ, baik jadwal kuliah, peserta kuliah, penyelenggaraan pembelajaran, kehadiran dosen, nilai mata kuliah, e-learning mata kuliah, bimbingan Tugas akhir, perkembangan prestasi akademik setiap mahasiswa per semester, lama waktu dan intensitas bimbingan skripsi, jumlah mahasiswa DO, jumlah mahasiswa cuti, dan sebagainya.

Hasil evaluasi kepuasan mahasiswa Unej terhadap proses pembelajaran tahun 2014 (Genap dan Gasal) oleh semua mahasiswa aktif secara online melalui sister.unej.ac.id. secara umum disajikan pada Gambar di atas. Sasaran kuesioner adalah semua matakuliah yang diajarkan oleh semua Dosen Unej sebanyak 869 orang; merah untuk semester genap dan biru untuk semester gasal. Skala penilaian menggunakan rentang skor/penilaian 1 – 7. Skor 1 menggambarkan skor terendah, sedang untuk skor 7 adalah penilaian skor terbaik atau tertinggi.

Berikut adalah kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang terkait dengan mahasiswa. Hasil pengukuran kepuasan terhadap layanan kemahasiswaan terkait dengan bidang bimbingan tugas akhir (TA), bimbingan konseling, beasiswa, jaringan internet, fasilitas kesehatan, fasilitas keagamaan, fasilitas olah raga, dan fasilitas UKM. Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa dalam bidang-bidang tersebut dilakukan dengan cara memberikan kuisioner yang telah dikembangkan kepada mahasiswa dari semua fakultas di lingkungan UNEJ yang dipilih secara acak. Penjaringan tingat kepuasan mahasiswa terhadap 8 bidang layanan kemahasiswaan dilakukan secara berkala setahun sekali, yaitu pada setiap akhir tahun akademik oleh masing-masing unit pengelola dan dikoordinasikan dengan BPM.Kepuasan pelanggan 1516 Humas_unej11158120_10202856464771891_1334980679_n

kepuasan1_unej

Kepuasan mahasiswa terhadap layanan perpustakaan terhadap ketersediaan koleksi, kemudahan menemukan koleksi, kecepatan layanan peminjaman koleksi, ketepatan jam buka layanan, keserasian tata ruang yang ada, kondisi perabot yang ada, kenyamanan ruangan, keramahan petugas, perhatian petugas saat melayani, respon pengelola terhadap masukan/saran, dan kecukupan ketersediaan komputer menunjukkan bahwa secara umum, 12,6% menyatakan sangat baik, 74,6% menyatakan pelayanan UPT Perpustakaan baik, dan sisanya 12,6 % menyatakan tidak baik; sehingga apabila disimpulkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh UPT Perpustakaan UNEJ.

Hasil yang hampir sama ditunjukkan pada penjaringan kepuasan mahasiswa terhadap kualitas tujuh (7) jenis layanan kemahasiswaan yaitu: 1). layanan beasiswa; 2). unit kegiatan mahasiswa (UKM); 3). Layanan keagamaan; 4). Layanan kesehatan; 5). fasilitas olah raga; 6). Layanan bimbingan dan konseling; dan 7). Layanan tugas akhir yang diberikan oleh Unit Kerja khususnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Unej.

Jumlah sasaran ….. yang didistribusikan pada semua Fakultas di Universitas Jember. Hasil penjaringan respon mahasiswa di database dan diolah untuk menyimpulkan kualitas layanan. Kualitas layanan dikelompokkan menjadi (1) sangat tidak baik [STB]; (2) tidak baik [TB]; (3) kurang baik [KB]; (4) baik [B]; (5) sangat baik [SB]. Hasil penjaringan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap 7 (tujuh) jenis layanan tersebut di atas di tunjukkan pada Gambar-gambar berikut.

kepuasan2_unej

kepuasan3_unejkepuasan4_unej

kepuasan5_unej kepuasan6_unej kepuasan7_unej kepuasan8_unej

Leave us a Comment