(Indonesia) Animo Peminat Program Pascasarjana Universitas Jember Meningkat

CBT-Pasca_UNEJ

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Jember, 15 Juli 2017

Animo masyarakat Jember dan Besuki Raya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya ke Program Pascasarjana Universitas Jember meningkat. Hal ini disampaikan oleh Sugeng Winarso, Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana Universitas Jember, di sela-sela pelaksanaan tes berbasis komputer (Computer Based Test, CBT) gelombang 3 dan 4 Program Pascasarjana Universitas Jember (15/7). Menurut Sugeng Winarso, tahun ini peminat Program Pascasarjana mencapai 500 peserta lebih, meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 400 peserta. Bahkan Program Pascasarjana berencana membuka pendaftaran peserta untuk gelombang kelima.

Sugeng Winarso juga menjelaskan, Program Pascasarjana Universitas Jember memilih  memakai sistem CBT karena lebih praktis, efisien dan hemat biaya. “Dan yang lebih penting lagi, dengan sistem CBT maka kami memiliki pangkalan data yang berguna bagi penyusunan kebijakan dan pengembangan Program Pascasarjana ke depan, apalagi saat ini akreditasi lembaga salah satunya diukur melalui ketersediaan pangkalan data yang selalu up to date,” jelasnya. Pria yang juga dosen di Fakultas Pertanian ini lantas menambahkan rencananya tahun depan Program Pascasarjana bakal membuka program studi multi disiplin baru.

Animo untuk melanjutkan pendidikan juga ditunjukkan oleh Tatin Indrayani, SE., MSi, yang juga anggota Komisi C DPRD Jember. Ditemui di sela-sela ujian, Tatin hari itu mengikuti tes untuk Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi. Menurutnya melanjutkan pendidikan adalah keharusan baginya yang kebetulan anggota legislatif. “Banyak kebijakan yang harus dilandasi oleh kajian akademik, oleh karena itu saya putuskan untuk kuliah lagi dengan harapan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk warga Jember. Apalagi latar belakang saya sebelum duduk di gedung dewan adalah akademisi. Saya memilih kuliah di Universitas Jember karena kualitasnya sudah teruji, serta faktor kedekatan jarak mengingat gedung DPRD Jember dengan kampus Tegalboto sangat dekat,” ujar politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa ini.

CBT-Pasca_UNEJ

Dari data yang ada, tes CBT Program Pascasarjana gelombang 3 dan 4 diikuti oleh 188 peserta. Mereka terdiri dari 18 peserta ujian masuk program doktoral, dan 170 peserta ujian masuk magister. Lokasi ujian tersebar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Sistem Informasi dan gedung UPT Teknologi Informasi. Hingga saat ini Universitas Jember memiliki lima program studi doktoral, serta 19 program magister monodisiplin dan tiga program magister multidisiplin. (iim)

Blog Attachment