MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI MENGIKUTI KONFERENSI EKONOMI ISLAM KE UNITED KINGDOM

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Islamic Perspective of Accounting, Finance, Economics and Management (IPAFEM) merupakan konferensi ekonomi Islam yang digagas oleh para cendekiawan muslim di dunia yang membidangi aspek Akuntansi, Keuangan, Ilmu Ekonomi dan Manajemen. IPAFEM tahun ini dihelat di kampus University of Glasgow, Scotland, United Kingdom pada tanggal 7-9 April 2015. Salah satu delegasi dari Indonesia yang berkesempatan mengikuti konferensi tersebut adalah berasal dari Fakultas Ekonomi, Universitas Jember, Novilia Aisah.

            Konferensi tersebut diawali dengan menyeleksi paper-paper yang berkenaan dengan tema “Islam and Business in Contemporary Society”.. Delegasi dari Universitas Jember mengirim papernya dengan topik “Bank Gakin sebagai Alternatif Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Jember, ditinjau dari perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Syariah.

            Novi demikian sapaan akrabnya, mengikuti rangkaian acara konferensi selama 3 hari dan berkesempatan pula mengikuti Education Trip yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia Bogor selama 12 hari. Merupakan suatu kehormatan bagi delegasi ketika berkesempatan berangkat bersama rombongan Bapak Muhammad Syafi’i Antonio.

Novi mengunjungi beberapa tempat menarik di Inggris, diantaranya Edinburgh, kampus-kampus ekonomi Islam ternama di dunia, University of Durham, University of Oxford, dan Salford University. Selain itu, delegasi juga mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, Bigben, London Eye, Buckingham Palace, dan yang tidak kalah serunya di Stadion-stadion ternama di dunia: Ettihad Manchester City, Manchester United, Chelsea, dan Liverpool.

            Novi juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang tergabung dalam Kelompok Studi Ekonomi Islam dan telah banyak mengikuti agenda-agenda berskala regional-nasional dalam bidang ekonomi Islam. Delegasi berharap semoga dengan adanya pengalaman ini dapat memotivasi teman-teman mahasiswa untuk semangat menulis dan berkompetisi dalam penelitian ilmiah sesuai bidang yang ditekuni. (Novi/Mj)

Leave us a Comment