Rektor Universitas Jember Antar 201 Mahasiswa Untuk KKN Di Probolinggo

 

 Jember, 18 Juli 2016.

Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, mengantarkan langsung 201 mahasiswanya yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Probolinggo. Rombongan Rektor Universitas Jember bersama Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Anwar, serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Agung Purwanto, diterima oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, mewakili Bupati Probolinggo, di pendopo Kabupaten Probolinggo (18/7). Para mahasiswa yang melaksanakan KKN di Probolinggo kali ini adalah bagian dari 1866 mahasiswa Universitas Jember yang mengikuti program KKN Gelombang II tahun akademik 2015/2016.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember berpesan kepada seluruh mahasiswa kampus Tegalboto agar memanfaatkan KKN sebagai kesempatan untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat. Termasuk mengamati berbagai permasalahan yang ada, untuk kemudian berusaha mencari solusinya sesuai bekal ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah. “Selanjutnya, mahasiswa diuji apakah mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sebab mereka yang mampu beradaptasi dalam segala kondisi akan mampu bertahan di tengah persaingan,” jelas Moh. Hasan, sembari tidak lupa mewanti-wanti mahasiswa agar menjaga nama baik almamater selama melaksanakan KKN.

Kehadiran rektor bersama rombongan beserta mahasiswa mendapat sambutan hangat dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo, Asy’ari beserta pejabat lainnya.  “Kami  berharap sumbangsih nyata mahasiswa Universitas Jember dalam membantu masyarakat Kabupaten Probolinggo melalui berbagai program yang dijalankan melalui KKN,” ujar Asy’ari yang juga alumnus kampus Tegalboto ini. Untuk diketahui, Universitas Jember telah menandatangani naskah kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, salah satunya di bidang pengabdian kepada masyarakat.

  Sementara itu Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Anwar, menjelaskan bahwa untuk lokasi KKN di Kabupaten Probolinggo, mahasiswa Universitas Jember akan diterjunkan di empat kecamatan, yakni Bantaran, Leces, Tegal Siwalan dan Wonomerto. Salah satu program yang akan dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo adalah pengembangan energi ramah lingkungan berupa biogas. “Selain di Kabupaten Probolinggo, kami juga menerjunkan 711 mahasiswa di Jember, 351 mahasiswa di Bondowoso, 252 mahasiswa di Situbondo dan 201 mahasiswa di Lumajang. Kegiatan KKN akan berlangsung selama 45 hari.

Dalam kesempatan sebelumnya, seluruh mahasiswa Universitas Jember peserta KKN Gelombang II tahun akademik 2015/2016 dilepas secara resmi oleh Rektor Universitas Jember dalam sebuah upacara, bertempat di lapangan parkir utara Gedung Soetardjo. “Dalam KKN Gelombang II juga ada mahasiswa yang mengikuti program Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Program ini  terintergrasi dengan program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen di kampus Tegalboto. Terdapat 124 mahasiswa yang melaksanakan program Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat di Jember, dan 20 orang di Banyuwangi,” tambah Anwar lagi. (iim/fik)

Leave us a Comment