SPI PNJ Belajar Ke UNEJ

IMG_0438

Jember, 19 September 2017

Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Jember kedatangan tamu dari dari Satuan Pengawasan Internal (SPI) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Mereka sengaja datang  ke Universitas Jember untuk belajar mengenai bagaimana proses pengelolaan SPI yang ada di Universitas Jember.

Agus Supriyadi, S.E., M.M. ketua SPI PNJ mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi komitmen pimpinan Universitas Jember. Karena menurutnya, kunci keberhasilan SPI di sebuah lembaga bergantung pada komitmen pimpinan tertinggi yang ada di dalam lembaga tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh SPI Universitas Jember dalam hal ini Moh. Hasan selaku rektor. Hal ini ini dibuktikan UNEJ sudah memakai sitem terpadu Sister mulai dari aktivitas akademik, keuangan, perencanaan serta aktivitas kelembagaan lainnya,” ujar Agus Supriyadi.

Agus yang datang bersama tiga orang rekan kerjanya mengaku merasa puas telah diijinkan dan dilayani dengan baik dalam dalam studi banding yang dilakukan. Bahkan mereka juga berencana akan mengikuti pelatihan audit internal perguruan tinggi yang diadakan oleh SPI Universitas Jember pada Oktober mendatang.

“Kami sangat puas dengan layanan yang diberikan pada kami. Kami dilayani dengan baik dan mereka menyambut kami dengan ramah sehingga bisa menjadi bekal ilmu bagi kami saat kembali ke Jakarta,” imbuh Agus.

Sementara itu Taufik Kurrohman, SE, MSA, Ak, CA, QIA, Sekretaris SPI Universitas Jember mengatakan, selama ini banyak sekali perguruan tinggi ataupun instansi nonpendidikan yang belajar sistem pengelolaan internal.

“Alhamdulillah SPI UNEJ sudah 2 kali terpilih sebagai best practices utk SPI PTN Indonesia. SPI UNEJ dianggap berhasil mengimplementasikan pengendalian internal pada tahun 2013 dan 2015. Penilaian selama ini cuma dilakukan 2 kali tahun itu aja dan UNEJ yg terpilih. Setelah itu tdk ada penilaian lagi,” ujar Taufik.

Taufik mengaku, selama ini SPI UNEJ memiliki predikat yang tidak perlu diragukan lagi. Karena menurutnya, selama ini yang menjadi rujukan SPI PTN Indonesia adalah Universitas Jember.

“Selain itu kami juga secara rutin mengadakan in-house training audit yang biasanya diikuti oleh SPI perguruan tinggi dari seluruh Indonesia,” pungkas Taufik.